Evaluasi Program Learning Outcomes (PLO)

Lulusan Program Studi S1 ​​Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Pendidikan Rekreasi adalah dengan mengikuti perspektif

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6:

Lulusan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi diharapkan memiliki kompetensi unggul sebagai lulusan pendidikan dan atau pendidik/guru profesional di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK) pada jenjang pendidikan menengah disertai dengan sifat Simpatik, Profesional, Optimis, Rasional, Takwa, Inovatif, dan Futuristik (SPORTIF) yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan Asia dengan uraian sebagai berikut:

  1. Simpatik, yang menunjukkan sikap tertarik pada suatu masalah dan berusaha memecahkan masalah tersebut.
  2. Profesional, yaitu mampu menunjukkan keahlian di bidang yang digeluti, bertanggung jawab, dan memegang teguh nilai-nilai moral dalam bekerja.
  3. Optimis, yaitu dapat menunjukkan sikap berpikir positif dalam menghadapi segala permasalahan yang ada di lapangan.
  4. Rasional adalah kemampuan seseorang untuk menarik kesimpulan yang didasarkan pada dan dapat dipertanggungjawabkan atau didukung oleh data, aturan, dan logika untuk mendukung pengembangan profesinya.
  5. Taqwa, yaitu menunjukkan sikap selalu mengamalkan kebenaran dan berusaha menjauhi segala kesalahan berdasarkan landasan keyakinan dalam mentaati perintah Tuhan Yang Maha Esa.
  6. Inovatif, yaitu selalu memanfaatkan pemikiran, dan menerapkan solusi kreatif untuk pemecahan masalah.
  7. Futuristik, yaitu menunjukkan sikap terarah, dan terfokus pada orientasi masa depan yang lebih baik.

Tujuan Program (PO) adalah:

  1. Memiliki sikap religius berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugasnya.
  2. Memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani melalui berbagai pendekatan siswa, teori, metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur, dan penggunaan evaluasi berdasarkan analisis ilmiah terhadap informasi dan data.
  3. Memiliki penguasaan Teknologi Informasi untuk mendukung pembelajaran pendidikan jasmani dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran, dan potensi lingkungan setempat berdasarkan standar pendidikan dengan menunjukkan sikap bertanggung jawab, taat hukum, disiplin, dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik, memberikan bimbingan konseling, terampil mengajarkan konsep pendidikan jasmani, serta mampu menganalisis, berpikir logis, dan mengembangkan ilmu pendidikan jasmani.
  5. Memiliki kerjasama dan kepekaan sosial baik di dalam maupun di luar lembaga di tingkat sekolah menengah dengan menginternalisasikan semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan siswa, memberikan bimbingan konseling, dan terampil mengajarkan konsep pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada jenjang pendidikan menengah.
  7. Memiliki kemampuan menganalisis, berpikir logis, dan mengembangkan keilmuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pada jenjang pendidikan menengah.
  8. Memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai pihak dan kepekaan sosial baik di dalam maupun di luar lembaga dalam proses pendidikan di tingkat sekolah menengah.
  9. Menanamkan semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK). Kesembilan rumusan tujuan program studi (PO) tersebut dapat dijabarkan menjadi 12 program hasil belajar (PLO) yang meliputi sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum. Hasil evaluasi capaian PLO dapat dilihat pada gambar berikut.

Catatan:

PLO Deskripsi Tujuan Pembelajaran Program
PLO-1 Lulusan dapat melaksanakan tugasnya berdasarkan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
PLO-2 Lulusan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat berdasarkan nilai, norma, dan etika akademik profesional.
PLO-3 Lulusan dapat bekerja sama dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
PLO-4 Lulusan dapat mengetahui dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan.
PLO-5 Lulusan dapat menganalisis dan mengembangkan ilmu pendidikan jasmani pada jenjang pendidikan menengah.
PLO-6 Lulusan dapat memahami dan menganalisis karakteristik mahasiswa, teori, metodologi, prinsip, prosedur, dan kegunaan evaluasi pembelajaran.
PLO-7 Lulusan dapat melakukan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) dengan pendekatan yang berpusat pada siswa.
PLO-8 Lulusan dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran, dan potensi lingkungan sesuai standar pendidikan.
PLO-9 Lulusan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK)
PLO-10 Lulusan dapat menerapkan konsep-konsep, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  untuk pengembangan bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK).
PLO-11 Lulusan dapat menciptakan jaringan kerja sama baik di dalam maupun di luar lembaga.
PLO-12 Lulusan  dapat mengambil keputusan dan memberikan solusi yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.